• Beranda
  • Berita
  • Merkel, Macron desak Putin hentikan konflik di Idlib-Suriah

Merkel, Macron desak Putin hentikan konflik di Idlib-Suriah

21 Februari 2020 11:46 WIB
Merkel, Macron desak Putin hentikan konflik di Idlib-Suriah
Warga memeriksa kerusakan di sebuah lokasi yang terkena serangan udara di kota yang dikuasai pemberontak Idlib, Suriah, Selasa (7/2/2017). (REUTERS/Ammar Abdullah/cfo/17) (REUTERS/Ammar Abdullah)

Kedua pemimpin menyatakan betapa mereka khawatir soal kondisi kemanusiaan parah  yang dialami orang-orang di Provinsi Idlib,

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron melalui telepon mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghentikan konflik di Idlib, Suriah.

Pemimpin Jerman dan Prancis itu pada Kamis (20/2) menelepon Putin untuk juga menyampaikan kekhawatiran mereka soal kondisi kemanusiaan di wilayah Idlib, kata seorang juru bicara dari pemerintah Jerman.

Merkel dan Macron berbicara bersama-sama di telepon dengan pemimpin Rusia itu di sela-sela pertemuan puncak Uni Eropa di Brussel.

"Kedua pemimpin menyatakan betapa mereka khawatir soal kondisi kemanusiaan parah yang dialami orang-orang di Provinsi Idlib, Suriah," kata juru bicara tersebut.

"Keduanya meminta agar pertempuran segera dihentikan dan bantuan kemanusiaan bagi orang-orang itu diupayakan."

Jubir mengungkapkan bahwa Merkel dan Macron mengatakan kepada Putin mereka ingin bertemu dengan presiden Rusia itu serta Presiden Turki Tayyip Erdogan untuk mengupayakan penyelesaian politik.

Sumber: Reuters

Baca juga: Negosiasi gagal, perang Turki dan Suriah di ambang mata

Baca juga: Serangan udara hantam rumah sakit di Suriah

Pewarta: Tia Mutiasari
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020