• Beranda
  • Berita
  • Jumlah pasien positif COVID-19 di Sidoarjo bertambah 5 jadi 71 orang

Jumlah pasien positif COVID-19 di Sidoarjo bertambah 5 jadi 71 orang

23 April 2020 23:26 WIB
Jumlah pasien positif COVID-19 di Sidoarjo bertambah 5 jadi 71 orang
Ruko yang akan digunakan sebagai tempat alternatif perawatan pasien COVID-19 di Sidoarjo (Antarajatim/Pemkab Sidoarjo/IS)

dua orang merupakan hasil konfirm baru yang berasal dari hasil tes swab

Jumlah pasien positif corona virus atau COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, bertambah 5 orang sehingga totalnya menjadi 71 orang sampai dengan Kamis pukul 20.00 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf Satriawarman dalam keterangan tertulisnya di Sidoarjo, Kamis, mengatakan lima orang yang terkonfirmasi tersebut masing-masing 3 orang statusnya naik dari pasien dalam pengawasan (PDP).

Baca juga: Kabupaten Sidoarjo siapkan 21 titik "check point" saat PSBB

"Dan sisanya dua orang merupakan hasil konfirm baru yang berasal dari hasil tes swab," katanya.

Ia mengatakan sebanyak 5 orang tersebut masing-masing berasal dari Kecamatan Sidoarjo sebanyak 1 orang, Prambon sebanyak 1 orang, Sukodono 1 orang, dan Kecamatan Waru 2 orang.

"Untuk kasus orang dalam pemantauan bertambah 27 orang menjadi total 610 orang dan untuk PDP bertambah 2 orang menjadi total 143 orang," katanya.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur menyiapkan 10 ruko yang ada di areal Sun City Biz Arteri Porong, Sidoarjo sebagai tempat alternatif perawatan pasien COVID-19.

Baca juga: Enam orang positif COVID-19 di Sidoarjo

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin di Sidoarjo mengatakan, 10 ruko itu disiapkan setelah memastikan gedung yang berada di Tulangan yang akan dijadikan tempat alternatif perawatan pasien COVID-19.

"Sekarang ada lagi tempat alternatif, yaitu ruko di Sun City Biz Arteri Porong yang rencananya juga akan digunakan untuk perawatan pasien COVID-19," katanya.

Ia mengatakan, 10 ruko dengan bangunan dua lantai yang terletak di jalan arteri Porong ini dinilai cukup layak karena menampung puluhan pasien dan lokasinya juga jauh dari pemukiman padat penduduk.

"Bangunannya cukup layak dipakai alternatif tempat perawatan pasien COVID-19, jauh dari rumah warga dan tinggal mengisi peralatan yang dibutuhkan," katanya.

Baca juga: Total pasien positif COVID-19 di Sidoarjo capai 57 orang

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020