• Beranda
  • Berita
  • Bamsoet: Jadikan momentum HUT RI untuk merdeka dari COVID-19

Bamsoet: Jadikan momentum HUT RI untuk merdeka dari COVID-19

16 Agustus 2020 17:34 WIB
Bamsoet: Jadikan momentum HUT RI untuk merdeka dari COVID-19
Ketua MPR RI menghadiri diskusi dalam acara Media Expert Meeting, di Bandung, Jumat. (Istimewa)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak seluruh elemen bangsa menjadikan momentum hari Kemerdekaan 17 Agustus untuk menggelorakan semangat merdeka dari cengkeraman pandemi COVID-19.

"Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Indonesia merdeka, peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini harus dirayakan dengan cara berbeda karena faktor pandemi COVID-19. Namun, perbedaan cara itu hendaknya tidak mengurangi semangat semua elemen bangsa untuk menghayati makna dan tujuan perjuangan para pahlawan bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan RI," ujar Bamsoet di Jakarta, Minggu (16/8).

Mantan Ketua DPR RI ini menuturkan jika dahulu para pejuang berperang mengusir penjajah, generasi bangsa terkini harus berjuang memerangi pandemi COVID-19.

Baca juga: MPR: Indonesia berumur panjang karena rakyat kedepankan persatuan
Baca juga: MPR: HUT RI momentum kembangkan potensi di berbagai wilayah
Baca juga: FPKS apresiasi optimisme Presiden saat pandemi COVID-19


Kalau para pejuang di masa lalu maju ke medan perang dengan bambu runcing, semua elemen bangsa terkini harus mengalahkan cengkeraman COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Sudah terbukti pandemi COVID-19 tidak hanya merusak, tetapi nyata-nyata telah merampas kemerdekaan dan kebebasan semua orang. Segala sesuatunya harus dibatasi sehingga kehidupan menjadi tidak dinamis lagi. Namun, pandemi COVID-19 tidak bisa diperangi dengan senjata pemusnah, melainkan melalui akal budi manusia dengan mentaati protokol kesehatan," kata Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, para ahli telah mengatakan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 akan berdampingan dengan kehidupan manusia untuk jangka waktu yang lama. Maka, sebelum vaksin penangkalnya tersedia, setiap orang harus bersiasat agar tidak terinfeksi COVID-19.

"Siasat paling efektif saat ini adalah mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan. Konsisten menerapkan protokol kesehatan akan memerdekakan semua orang dari cengkeraman COVID-19. Dengan merdeka dari COVID-19, dinamika kehidupan bersama bisa dipulihkan,’’ pungkas Bamsoet.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020