• Beranda
  • Berita
  • Pekan ketiga Agustus 2020 terjadi 40.417 petir di Sumut

Pekan ketiga Agustus 2020 terjadi 40.417 petir di Sumut

24 Agustus 2020 13:53 WIB
Pekan ketiga Agustus 2020 terjadi 40.417 petir di Sumut
BMKG Deli Serdang mencatat sebanyak 40.417 kali aktivitas petir di Sumatera Utara pada pekan ketiga Agustus 2020. (ANTARA/HO)

daerah memiliki kategori sambaran petir tinggi di daerah Deli Serdang

Aktivitas petir pekan ketiga atau 17 hingga 23 Agustus 2020 di wilayah Sumatera Utara, berdasarkan rekaman peralatan Lightning Detector di Stasiun Geofisika Kelas 1 Deli Serdang tercatat sebanyak 40.417 kali.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Teguh Rahayu, di Deli Serdang, Senin, menjelaskan klasifikasi tingkat sebaran petir di Sumatera Utara dibagi menjadi tiga kategori, yaitu rendah, sedang, dan tinggi.

"Dari hasil rekaman lightning detector, pada periode satu pekan ini, daerah memiliki kategori sambaran petir tinggi di daerah Deli Serdang dan Serdang Bedagai,," katanya.

Sedangkan daerah yang memiliki kategori sambaran petir kategori sedang berada di daerah Asahan, Batubara, Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Medan, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, dan Toba Samosir.

Baca juga: BMKG prediksi hujan disertai petir melanda sejumlah wilayah di Sumut

Sementara sebaran petir dengan kategori rendah terjadi di Binjai, Gunungsitoli, Labuhanbatu Selatan, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Padanglawas Utara, Padangsidempuan, Pakpak Bharat, Pematang Siantar, Samosir, Sibolga, Tanjung Balai, Tapanuli Tengah, dan Tebing Tinggi.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang berada di wilayah dengan tingkat aktivitas petir sedang dan tinggi, untuk meningkatkan kewaspadaan ketika berada di luar rumah, di atas gedung bertingkat, di dekat tower listrik atau antena, dan pepohonan yang tinggi.

Baca juga: BMKG: Terjadi 17.167 petir di Sumut hingga pekan kedua Agustus

Baca juga: 15.927 petir landa di Sumatera Utara akhir Juli

Pewarta: Juraidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020