• Beranda
  • Berita
  • 2 Orang Lagi Ditangkap Terkait Rencana Serangan Bom di AS

2 Orang Lagi Ditangkap Terkait Rencana Serangan Bom di AS

9 Januari 2010 06:01 WIB
New York (ANTARA News) - Dua orang lagi ditangkap Jumat terkait dengan kasus seorang pria kelahiran Afghanistan yang mengaku tidak bersalah dalam rencana serangan bom di AS, demikian diumumkan FBI.

Adis Medunjanin (25) dan Zarein Ahmedzay (24), yang kewarganegaraannya belum diketahui, ditangkap di Manhattan sebagai bagian dari penyelidikan atas Najibullah Zazi, kata seorang jurubicara Biro Penyelidikan Federal (FBI) seperti dikutip Reuters.

Zazi (24) dituntut ke pengadilan pada September atas tuduhan melakukan persekongkolan untuk menggunakan senjata penghancur massal. Mantan pedagang kopi dari New York yang pindah ke Colorado itu didakwa berusaha membuat dan meledakkan sebuah bom di Kota New York pada peringatan serangan 11 September.

Ayah Zazi dan seorang imam New York juga telah ditangkap dalam kasus itu, atas tuduhan berbohong kepada pemerintah federal.

Serangan-serangan di AS pada 11 September 2001 menewaskan sekitar 3.000 orang. Taliban, yang memerintah Afghanistan sejak 1996, digulingkan dari kekuasaan di negara itu oleh invasi pimpinan AS pada 2001 karena menolak menyerahkan pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden, yang dituduh bertanggung jawab atas serangan tersebut. (*)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010