Reforma Agraria Pembeda Indonesia Merdeka

21 Oktober 2010 22:46 WIB
Bogor (ANTARA News) - Reforma agraria dapat mengatasi kesenjangan sosial sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyat, kata Guru Besar Ilmu Agraria dan Sosiologi Pedesaan pada Fakultas Ekologi Manusia IPB Endriatmo Soetarto, Kamis.

"Reforma agraria merupakan jalan terbaik menuju keadilan dan kesejahteraan bangsa berkelanjutan," kata Endriatmo

Endriatmo mengharapkan pemerintah menjalankan reforma agraria secara sepenuh hati demi terwujudnya keadilan dalam kehidupan berbangsa.

"Reforma agraria merupakan garis pembeda antara kolonialisme dan kemerdekaan. Semangat mengusir penjajah pada hakekatnya semangat memperjuangkan tegaknya reforma agraria," tegas Endriatmo.

Pakar agraria ini menilai, reforma agraria yang dicetuskan pada 1960 atau 15 tahun setelah Indonesia merdeka dengan diterbitkannya UU Pokok Agraria No 5 Tahun 1960 sangat baik ditegakkan demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan bangsa.

Menurutnya, rakyat miskin dan telantar, yang sebagian besar tinggal di pedesaan, perlu mendapatkan hak atas pengelolaan tanah dan kekayaan negara agar dapat meningkatkan kesejahteraan.

Pendekatan yang bersifat struktural tersebut diyakini sebagai jalan terbaik guna mengatasi masalah ketimpangan sosial, kemiskinan hingga pengangguran.(*)

ANT/Z002/AR09


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010