• Beranda
  • Berita
  • WSBK Sirkuit Mandalika bawa berkah bagi warung kopi dan nasi

WSBK Sirkuit Mandalika bawa berkah bagi warung kopi dan nasi

19 November 2021 17:05 WIB
WSBK Sirkuit Mandalika bawa berkah bagi warung kopi dan nasi
F/Salah satu anak penjual warung nasi saat membantu ibu berjualan di Lombok Tengah (Akhyar)

Sehari saat ini dapat berjualan Rp1 juta, kadang Rp500 ribu sebelum ada kegiatan. Itu semua dari penjualan kopi, soto dan gorengan dan makanan ringan lainnya.

World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dinilai membawa berkah bagi warga lokal yang berjualan kopi dan nasi.

Kedatangan para penonton maupun kru dan pebalap pada ajang itu dimanfaatkan menjadi ladang rezeki bagi mereka  maupun pedagang kaki lima di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Kami sangat senang dan menyambut baik Sirkuit Mandalika ini," kata Mariani, pemilik warung kopi di Dusun Rangkep, Desa Kuta, Kecamatan Pujut atau depan pintu masuk Sirkuit Mandalika di Praya, Lombok Tengah, Jumat.

Baca juga: Ridwan Kamil nonton balapan dari bukit "viral" Mandalika

IMariani mengatakan bahwa  balapan motor Sirkuit Mandalika ini telah mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sejak ada kegiatan pembangunan di Sirkuit Mandalika ini tahun 2020 omzet penjualannya terus mengalami peningkatan, terlebih dengan adanya ajang WSBK ini meningkat drastis.

"Tentu ini rezeki dan peluang bagi kami untuk berusaha, meskipun hanya menjual kopi dan makanan ringan," katanya.

Sebelum ada Sirkuit ini pendapatan warungnya dalam sehari itu Rp150 ribu, namun sejak mulai ramai atau WSBK ini digelar pendapatannya bisa mencapai Rp1 juta lebih.

"Sehari saat ini dapat berjualan Rp1 juta, kadang Rp500 ribu sebelum ada kegiatan. Itu semua dari penjualan kopi, soto dan gorengan dan makanan ringan lain.

Harga tentunya sesuai, yang pe ting ada untungnya. Kopi Rp7 ribu dan soto Rp15 ribu," katanya.

Baca juga: Penonton WSBK jalani prokes COVID-19 ketat sebelum ke sirkuit

Hal yang sama dikatakan oleh Fitri, pemilik warung nasi di area luar Sirkuit Mandalika bahwa omzet penjualan warung nasi mulai meningkat sejak ada pembangunan Sirkuit Mandalika dan sejak beberapa pekan terakhir sejak digelar IATC dan WSBK ini.

"Allhamdulilah karena ramai, banyak yang beli," katanya.

Ia mengatakan, omzet penjualannya pada hari biasa sebelum ada ajang balapan ini Rp200 ribu sampai Rp400 ribu. Kemudian setelah mulai ada balapan omzetnya semakin naik, bahkan per hari bisa mendapatkan Rp1,5, juta.

"Harga nasi campur  Rp15 ribu-Rp20 ribu," katanya.

Olah karena itu, ia berharap pemerintah  terus melaksanakan berbagai kegiatan di KEK Mandalika khusus Sikuit Mandalika, supaya ekonomi masyarakat bisa meningkat.

"Harapan kami banyak kegiatan yang digelar, supaya ramai," katanya.

Sebelumnya, Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri mengatakan, WSBK di Sirkuit Mandalika itu akan membawa dampak bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pascapandemi COVID-19.

"Ini akan menjadi awal dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kemajuan pembangunan di Lombok Tengah khususnya serta kebangkitan pariwisata NTB," katanya.
 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021