• Beranda
  • Berita
  • Formula E Jakarta bakal disiarkan di lebih 170 negara

Formula E Jakarta bakal disiarkan di lebih 170 negara

29 November 2021 16:21 WIB
Formula E Jakarta bakal disiarkan di lebih 170 negara
Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni (kanan) bersama Gubernur DKI Anies Baswedan ketika memberikan keterangan pers di Pendopo Balai Kota Jakarta, Senin (29/11/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Kami harus melaporkan ini kepada Presiden, bukan melibatkan Presiden terkait dengan penyelenggaraan

Panitia Pelaksana Formula E Jakarta (Jakarta E-Prix) menyebutkan ajang balap mobil listrik itu rencananya disiarkan di lebih 170 negara.

"Ini bukan konsep 'event' biasa, ini 'event' internasional yang akan disiarkan lebih dari 170 negara," kata Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni di Pendopo Balai Kota Jakarta, Senin.

Dia berharap ajang balap mobil listrik tersebut membawa dampak pemulihan ekonomi seiring dengan upaya pemerintah memulihkan ekonomi setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Mudah-mudahan semua terselenggara baik, ada MotoGP, Formula E, mudah-mudahan Mandalika bisa digunakan oleh Formula-1. Ini upaya kalau ini ada, sangatlah luar biasa membuat efek ekonomi," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu.

Saat ini, tim dari asosiasi olahraga otomotif Federasi Automobil Internasional (FIA) dan Formula E Operation (FEO) sudah berada di Jakarta untuk melakukan survei lokasi.

Nantinya, lokasi pelaksanaan Formula E ditentukan oleh tim dari Formula E Operation (FEO), Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Baca juga: Anies: Formula E kuatkan posisi Jakarta setelah Ibu Kota pindah
Baca juga: Bamsoet-Ahmad Sahroni pimpin pelaksanaan balap Formula E


Sahroni menargetkan lokasi sirkuit ajang balap mobil listrik itu diumumkan sebelum Natal setelah survei rampung.

"Masalah trek semoga sebelum Natal kita akan umumkan, tapi tunggu survei dari FIA. Kalau FIA bilang 'go head', kami dari panitia akan mengumumkan langsung," kata Sahroni.

Apabila sudah ada lokasi pasti, pihaknya akan melaporkan kepada Presiden Joko Widodo karena ajang tersebut membawa nama negara.

Laporan kepada Kepala Negara itu, lanjut dia, bukan bermaksud melibatkan Presiden Jokowi pada ajang balap mobil listrik tersebut.

Panitia akan menghadap Presiden meminta lanjutan arahan karena ini "branding" negara. "Kami harus melaporkan ini kepada Presiden, bukan melibatkan Presiden terkait dengan penyelenggaraan," katanya.

Formula E di Jakarta akan diadakan pada 4 Juni 2022 dari rencana semula pada Juni 2020. Penundaan dilakukan akibat wabah COVID-19.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021