• Beranda
  • Berita
  • Anies lepas 909 petugas pemeriksa hewan untuk persiapan Idul Adha

Anies lepas 909 petugas pemeriksa hewan untuk persiapan Idul Adha

30 Juli 2019 18:35 WIB
Anies lepas 909 petugas pemeriksa hewan untuk persiapan Idul Adha
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menutup kegiatan pelatihan bagi 1.110 pengelola Mesjid sekaligus melepas 909 petugas tim pemeriksa hewan dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Adha 1440 H di Ruang Serba Guna Mesjid Jakarta Islamic Centre, Jakarta Utara, Selasa (30/07/2019). Dokumen Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menutup kegiatan pelatihan bagi 1.110 pengelola masjid sekaligus melepas 909 petugas tim pemeriksa hewan dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Anies juga memberikan sertifikat hasil pelatihan penyembelihan kepada perwakilan pengurus masjid dari masing-masing wilayah DKI Jakarta, sekaligus menerima secara simbolis besek sebagai pengganti plastik untuk digunakan sebagai pembungkus daging hewan kurban.

“Jadi dengan adanya sertifikat pelatihan potong hewan itu Insya Allah nantinya kita bisa secara resmi mengatakan bahwa petugas potong hewannya terampil, handal, profesional dan sesuai dengan syariat," kata Anies di Ruang Serba Guna Mesjid Jakarta Islamic Centre, Jakarta Utara, Selasa.

Dia ingin nantinya Jakarta menjadi contoh dalam melakukan penyembelihan hewan kurban berjalan lancar seperti tahun lalu.

Gubernur menyampaikan apresiasi kepada Halal Science Center IPB dan Majelis Ulama Indonesia yang turut berkolaborasi dalam proses pelatihan dan sertifikasi kepada 1.110 petugas penyembelih yang tersebar di 1.001 Mesjid di Jakarta.

Materi pelatihan yang diajarkan secara umum yaitu tata cara penyembelihan yang baik dan benar menurut syariat Islam, serta sesuai dengan aspek kesehatan dan kesejahteraan hewan.

Selain itu, dia menekankan pentingnya penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan dalam proses pembagian daging hewan kurban. Bekerja sama dengan PD Pasar Jaya dan Yayasan Baitul Maal PLN.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019