• Beranda
  • Berita
  • Nakes positif COVID-19, Puskesmas Putussibau Utara-Kalbar ditutup

Nakes positif COVID-19, Puskesmas Putussibau Utara-Kalbar ditutup

14 Agustus 2020 16:58 WIB
Nakes positif COVID-19, Puskesmas Putussibau Utara-Kalbar ditutup
Petugas kesehatan di Puskesmas Putussibau Utara sedang melakukan tes cepat ke salah satu jurnalis di Kapuas Hulu dan hasilnya non reaktif. ANTARA/Timotius/am.

Satu aparatur sipil negara (ASN) di Puskesmas Putussibau Utara positif COVID-19, sehingga untuk sementara pelayanan di puskesmas tersebut kita tutup

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Bung Tomo mengatakan untuk sementara pelayanan Puskesmas Putussibau Utara ditutup karena ada satu petugas kesehatan (nakes) di puskesmas tersebut positif terpapar COVID-19.
 
"Satu aparatur sipil negara (ASN) di Puskesmas Putussibau Utara positif COVID-19, sehingga untuk sementara pelayanan di puskesmas tersebut kita tutup," katanya di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat.
 
Ia menjelaskan satu ASN nakes yang terkonfirmasi COVID-19 itu diketahui berdasarkan hasil tes usap (swab) kepada NF (40) seorang perempuan, sehingga Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTPP) setempat telah mengambil langkah kepada seluruh nakes di Puskesmas Putussibau Utara telah diambil swab.
 
Menurut dia, seorang ASN yang positif COVID - 19 itu tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar Kapuas Hulu dan tidak memiliki gejala sebelumnya.
 
" Yang bersangkutan sudah kita lakukan isolasi mandiri dan diawasi Gugus Tugas," katanya.
 
Pihaknya berharap kepada masyarakat, terutama pihak keluarga memberikan dukungan  kepada pasien COVID - 19.
 
Meski pun demikian, ia juga mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker, rajin cuci tangan dan menghindari kerumunan.
 
" Memang apa yang disampaikan Bupati itu benar, masyarakat kita mengabaikan protokol kesehatan, harapan kita jangan ada lagi warga kita terpapar COVID - 19, kami juga mohon bantuan kawan - kawan media pers untuk menyosialisasikan terkait protokol kesehatan," demikian Bung Tomo.

Baca juga: Kontak pasien tes cepat, 14 orang petugas RSUD Putussibau diiisolasi

Baca juga: Tes cepat, dua pejabat Pemkab Kapuas Hulu-Kalbar reaktif COVID-19

Baca juga: PDP COVID-19 meninggal di Pontianak pernah ke Putussibau

Baca juga: Cegah COVID-19, istri TNI Kodim Putussibau jahit masker mandiri

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020