• Beranda
  • Berita
  • Komisi I DPR gelar rapat internal bahas uji kelayakan calon Panglima

Komisi I DPR gelar rapat internal bahas uji kelayakan calon Panglima

3 November 2021 17:47 WIB
Komisi I DPR gelar rapat internal bahas uji kelayakan calon Panglima
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari memberikan keterangan pers di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta. ANTARA/DPR RI.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengatakan Komisi I DPR akan menggelar rapat internal membahas mekanisme dan proses uji kelayakan calon Panglima TNI, pada Kamis (4/11).

"Komisi I DPR akan melaksanakan rapat internal pada Kamis, pukul 13.00 WIB, untuk menentukan proses dan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI," kata Abdul Kharis di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan hasil Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI, Rabu (3/11), telah menugaskan Komisi I DPR untuk melaksanakan uji kelayakan calon Panglima TNI. Namun, menurut dia, hasil Rapat Bamus tersebut harus dibawa dahulu dalam Rapat Pleno Komisi I DPR.

Abdul Kharis mengatakan hasil rapat internal tersebut baru bisa ditentukan mekanisme, proses, dan jadwal uji kelayakan calon Panglima TNI.

Baca juga: Puan: Uji kelayakan calon Panglima TNI tanggal 4-5 November

"Komisi I DPR Rapat Internal dulu tentukan mekansime. Biasanya mekanismenya adalah verifikasi administrasi, verifikasi faktual, uji kelayakan, rapat pleno pengambilan keputusan, lalu disampaikan hasilnya ke Rapat Paripurna DPR," ujarnya.

Menurut dia, semua tahapan bisa dilakukan cepat, yaitu dalam satu hari namun bisa juga dilakukan satu tahapan satu hari. Namun dia menjelaskan keputusan mekanisme uji kelayakan akan ditentukan dalam Rapat Internal Komisi I DPR.

Sebelumnya, Pimpinan DPR RI menerima Surat Presiden (Surpres) terkait usulan Calon Panglima TNI atas nama Jenderal Andika Perkasa. Surpres tersebut disampaikan langsung Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Pimpinan DPR RI di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Gerindra hormati keputusan Presiden tunjuk Jenderal Andika

Dalam kesempatan tersebut, Puan Maharani didampingi para Wakil Ketua DPR RI, yaitu Lodewijk F Paulus dan Rachmat Gobel.

Dalam perkembangannya, Bamus DPR telah mengadakan rapat pada Rabu sore dengan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI dilaksanakan pada 4-5 November 2021 yang akan dilakukan Komisi I DPR.

"Begitu Surpres diterima hari ini, Badan Musyawarah (Bamus) DPR langsung menggelar rapat dan menjadwalkan uji kelayakan calon Panglima TNI besok (Kamis) sampai dengan Jumat," kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, Bamus DPR juga memutuskan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI akan segera dibawa ke Rapat Paripurna DPR pada 8 November 2021. Karena itu, menurut dia, dalam lima hari ke depan sudah ada keputusan DPR RI untuk calon Panglima TNI.

Baca juga: Puan: Pengangkatan Panglima TNI mendapat perhatian DPR RI

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021