• Beranda
  • Berita
  • Peneliti: Kartu Prakerja bisa dorong peningkatan kompetensi seluruh RI

Peneliti: Kartu Prakerja bisa dorong peningkatan kompetensi seluruh RI

9 Februari 2022 19:22 WIB
Peneliti: Kartu Prakerja bisa dorong peningkatan kompetensi seluruh RI
Tangkapan layar Direktur Eksekutif PMO Program Kartu Prakerja Denni P. Purbasari (kanan atas) dan peneliti Widdi Mugijayani (tengah atas) dari Presisi Indonesia dalam diskusi virtual, Jakarta, Rabu (9/2/2022) (ANTARA/Prisca Triferna)
Penelitian oleh Presisi Indonesia memperlihatkan penerima Kartu Prakerja di luar Pulau Jawa memiliki tingkat peningkatan kompetensi lebih tinggi dibandingkan yang berada di Jawa, sehingga program itu dapat menjadi saluran efektif peningkatan kompetensi yang mencakup seluruh wilayah Tanah Air.

"Kami melihat adanya disparitas antara kedua wilayah ini. Misalnya, untuk kompetensi di luar Jawa mempunyai koefisien yang sedikit lebih besar dibandingkan di Jawa, ini tentunya menjadi sinyal positif bahwa prakerja bisa merangkul seluruh wilayah Indonesia untuk meningkatkan kompetensi, baik penduduk di Jawa maupun luar Jawa," ujar peneliti Presisi Indonesia Widdi Mugijayani dalam diskusi virtual di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Peneliti sebut Program Kartu Prakerja tingkatkan kompetensi penerima

Dari studi dengan 2.156 responden yang terbagi rata antara penerima Kartu Prakerja dan bukan penerima, menemukan peningkatan kompetensi responden penerima program itu di luar Jawa adalah 73 persen. Angka itu memperlihatkan jumlah lebih tinggi dibandingkan 67 persen di Pulau Jawa.

Namun, hal itu belum diiringi dengan komponen yang lain, yaitu peningkatan produktivitas, daya saing dan keterampilan kewirausahaan dengan penerima manfaat di Pulau Jawa memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan responden yang berada di luar wilayah itu.

Widdi mengatakan hal itu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, tidak hanya terkait Kartu Prakerja. Beberapa faktor itu, seperti akses internet dan pembangunan infrastruktur digital yang merupakan kunci mengoptimalkan Kartu Prakerja.

Baca juga: Menko Ekonomi dorong Kartu Prakerja ciptakan pasar pendidikan digital

Baca juga: BKF sebut Program Kartu Prakerja tingkatkan produktivitas penerima


Dalam kesempatan itu, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja Denni P. Purbasari mengatakan program itu memberikan kesempatan bagi penerima manfaat di seluruh Indonesia untuk mendapatkan jenis pelatihan dengan kualitas serupa karena sifatnya online.

Sistem Kartu Prakerja, tegasnya, mudah diakses untuk semua orang termasuk perempuan yang terdampak pandemi secara lebih besar.

"Dengan online, teman-teman Prakerja dari Sabang hingga Merauke mendapatkan akses dilatih oleh instruktur yang sama, lembaga pelatihan yang sama, baik di Jawa maupun luar Jawa pada saat yang sama," ucapnya.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022