• Beranda
  • Berita
  • Sandiaga: Kesuksesan vaksinasi kunci menuju tatanan ekonomi baru

Sandiaga: Kesuksesan vaksinasi kunci menuju tatanan ekonomi baru

27 Maret 2022 19:32 WIB
Sandiaga: Kesuksesan vaksinasi kunci menuju tatanan ekonomi baru
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kiri) saat meninjau sentra vaksinasi yang digelar di Rumah Djoeang, Jakarta Selatan, Jakarta, Minggu (27/3/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf/pri.

Karena kedisiplinan kita, kegiatan dan aktivitas ekonomi kreatif bisa diselenggarakan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan kesuksesan penyelenggaraan vaksinasi menjadi kunci untuk menuju tatanan ekonomi baru.

“Program vaksinasi dan pengendalian COVID-19 di Indonesia telah diakui dunia dan menjadi best practice yang berdampak pada mulai meningkatnya perekonomian,” ujar dia di Rumah Djoeang, Jakarta Selatan, Jakarta, sebagaimana dalam keterangan resmi, Minggu.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), lanjutnya, progres vaksinasi dosis pertama di Indonesia mencapai 195,57 juta dosis atau 93,89 persen dari target nasional.

Sementara untuk vaksinasi dosis kedua telah diberikan kepada 156,74 juta dosis atau sebesar 75,66 persen dari target nasional. Serta, telah diberikan sebanyak 19,65 juta dosis atau sebesar 9,44 persen untuk booster.


Baca juga: Sandiaga sebut destinasi wisata siap sambut wisatawan tervaksinasi

"Ini akan terus kita geber, gaspol, dengan penanganan COVID-19 yang lebih baik. Karena kedisiplinan kita, kegiatan, dan aktivitas ekonomi kreatif bisa diselenggarakan, jangan kasih kendor protokol kesehatan," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan dua ribu peserta mengikuti program vaksin di Roemah Djoeang yang dimulai dari 25-27 Maret 2022.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno lepas mobil vaksinasi GEBER

Kegiatan itu merupakan hasil kolaborasi bersama mitra seperti Kemenkes, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan, Enesis Group melalu Antis, Prochiz, Yummy Corp, Homecare24, dan Holywings Indonesia.

"Kami mengapresiasi langkah semua pihak yang bergerak cepat dalam rangka mendukung program percepatan vaksinasi, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Program vaksinasi ini merupakan salah satu strategi kita untuk dapat mempercepat tercapainya herd immunity bagi masyarakat Indonesia," ucap Menparekraf.


Baca juga: Menparekraf: Belum ada arahan penutupan tempat wisata
Baca juga: Tingkat vaksinasi disebut akan dorong pembukaan kembali pariwisata

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022