• Beranda
  • Berita
  • Sandiaga apresiasi Gerakan Bersama Komunitas sukseskan MotoGP

Sandiaga apresiasi Gerakan Bersama Komunitas sukseskan MotoGP

28 Maret 2022 09:26 WIB
Sandiaga apresiasi Gerakan Bersama Komunitas sukseskan MotoGP
Para riders GeBer Komunitas berfoto di kawasan Mandalika, disela-sela rangkaian kegiatan program Mandalika Wonderful Ride yang berlangsung 15--25 Maret 2022. ANTARA/HO-GeBer Komunitas/am.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi misi Gerakan Bersama (GeBer) Komunitas dalam rangka menyukseskan gelaran MotoGP Mandalika dan pemberdayaan kebangkitan ekonomi lapangan kerja di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Perjalanan para bikers dalam GeBer Komunitas yang berlangsung 15-25 Maret 2022 merupakan bagian dari rangkaian program Mandalika Wonderful Ride.

"Saya apresiasi apa yang dilakukan Wonderful Ride dalam membersihkan tribun dan kawasan Sirkuit Mandalika dalam menyukseskan gelaran MotoGP," ujar Sandiaga dalam rilis pers, dikutip Senin.

Dia mengatakan program tersebut bisa menjadi kebangkitan ekonomi, penciptaan lapangan kerja,ndan program yang tepat waktu, guna dan sasaran.

"Terima kasih kepada komunitas yang ikut membantu," kata dia.

GeBer Komunitas menyelesaikan misinya dari mulai touring eksplorasi wisata, ambil bagian dalam menjaga kebersihan sirkuit Mandalika, edukasi seputar helm, hingga peningkatan ekonomi masyarakat melalui peran digital serta mempelajari kearifan budaya lokal.

Melintasi penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju Lembar di Lombok adalah pengalaman pertama yang didapatkan rombongan untuk selanjutnya disambut komunitas motor setempat.

Program berikutnya dari Mandalika Wonderful Ride yang didukung oleh Mitsubishi Motors Indonesia, Astra Honda Motor,Federal Oil, Antangin, BPJS Ketenagakerjaan, Rolling Speed, CIMB NIaga,IIMS 2022, Belajar Helm, LA 32Riders, Bikers Sapu bersih, SSFC Indonesia dan MNC Trijaya adalah menyukseskan gelaran MotoGP.

Tim Bikers Sapu Bersih bergerak menuju Sirkuit Mandalika untuk memulai aksinya membersihkan sampah di area tribun dan toilet.

Selama dua hari gelaran MotoGP Mandalika, mereka memungut sampah di Zona J dan Zona Biru (General Admisssion), termasuk kebersihan toiletnya.

Denny Wajonk, perwakilan Indoclub sebagai ketua rombongan mengatakan gerakan tersebut dibuat lantaran tingginya antusias penonton yang hadir di Sirkuit Mandalika untuk melihat ajang MotoGP yang baru kembali ke Indonesia setelah 25 tahun.

Dia mengatakan pihaknya sekadar menggugah dan mengajak para penonton agar tetap ikut merawat kebersihan sirkuit Mandalika sebagai salah satu aset berharga untuk dunia motorsport dan pariwisata Indonesia.

Terlebih kawasan Mandalika menjadi destinasi super prioritas dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Untuk itu kita harus bisa menjaga sirkuit ini agar bisa terawat dan nyaman untuk dikunjungi, khususnya bagian tribun dan kebersihan toilet,” kata Denny .

Kegiatan lainnya yang diadakan adalah diskusi bersama komunitas motor lokal mengenai pentingnya helm dari berbagai aspek seperti tips memilih hingga cara merawatnya.

Acara yang berlangsung di Desa Wisata Tete Batu itu sekaligus mempelajari warisan budaya di desa yang pernah terpilih mewakili lomba desa internasional pada tahun 2021.

Desa Tete Batu memiliki spot andalan mulai pesona air terjun, area berkemah, dan trek sepeda downhill.

Dalam kaitannya dengan kebangkitan ekonomi lapangan kerja, program terakhir dari Mandalika Wonderful Ride adalah diskusi bertema "Peran Jejak digital dalam Mengangkat Peluang Usaha untuk Kebangkitan Ekonomi, Lapangan Kerja".

Acara tersebut digelar di Desa Wisata Masbagik, Lombok Timur yang merupakan sentra kerajinan gerabah, menghadirkan pembicara dari Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif untuk lebih menggeliatkan kembali produk gerabah sambil memanfaatkan teknologi digital.

Acara lainnya untuk mengeksplorasi destinasi wisata di Lombok Tengah adalah mengunjungi Pantai Selong Belanak dan bertemu dengan komunitas Electric Expeditions.

Baca juga: Sandiaga: Kesuksesan vaksinasi kunci menuju tatanan ekonomi baru

Baca juga: Kemenparekraf gandeng IMI kembangkan industri pariwisata otomotif

Baca juga: Menparekraf apresiasi inovasi bengkel restorasi Tuksedo Studio Bali

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022