Anak Krakatau masih erupsi

4 Januari 2019 15:06 WIB
Anak Krakatau masih erupsi
Arsip Foto. Erupsi Gunung Anak Krakatau terlihat dari KRI Torani 860 saat berlayar di Selat Sunda, Lampung, Selasa (1/1/2019). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan Gunung Anak Krakatau masih berada di level III (Siaga). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.


Telah terjadi erupsi G Anak Krakatau pada 4/1/2019 pukul 09:39 WIB

Jakarta (ANTARA News) - Gunung Anak Krakatau masih mengalami erupsi hingga Jumat pagi pukul 09.39 WIB menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

"Tinggi kolom abu teramati ± 1.500 m di atas puncak. Kolom abu putih hingga kelabu," cuit Sutopo di Twitter.

Menurut dia, Gunung Anak Krakatau juga meletus pada Kamis (3/1) pukul 12.03 WIB dengan tinggi letusan sekitar 1.600 meter. Selama Kamis gunung itu meletus 37 kali, melontarkan lava pijar, abu vulkanik dan pasir.

Ia mengatakan saat ini Gunung Anak Krakatau dalam Status Level III (Siaga), di mana masyarakat/wisatawan dilarang mendekati kawah dalam radius lima kilometer dari kawah.

Aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau pada Sabtu (22/12) memicu tsunami di Selat Sunda, menimbulkan korban jiwa dan kerusakan di Pandeglang dan Serang di Provinsi Banten serta Lampung Selatan, Pesawaran dan Tanggamus di Provinsi Lampung.

Baca juga:
Gunung Anak Krakatau meletus lagi
BMKG: Waspadai potensi bencana akibat aktivitas Gunung Anak Krakatau

 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019